Kompetensi untuk penerapan ISO-9001 secara mandiri

Konsultan ISO online biaya rendah

Seperti yang saya tulis tentang konsultan iso untuk penerapan sistem manajemen, termasuk ISO-9001, perusahaan bisa saja tidak membutuhkan konsultan. Syaratnya: ada personil yang memahami dengan baik persyaratan-persyaratan sistem manajemen mutu yang akan diterapkan.

Pemahaman komprehensif

Pemahaman yang dimaksud adalah pemahaman yang komprehensif, mencakup:

  • Paham arti
  • Paham esensi
  • Paham relevansi
  • Paham implementasi

Paham arti

Paham arti adalah tingkat pemahaman paling awal. Apa arti dari konteks organisasi? Apa arti dari sasaran mutu? apa arti kata informasi terdokumentasi? apa arti pengendalian informasi terdokumentasi?

Misalnya: Pengendalian informasi terdokumentasi.

Paham arti berarti paham bahwa yang dimaksud informasi terdokumentasi adalah semua bentuk informasi, baik yang bersiat acuan kerja atau bukti kerja. Juga, bahwa pengendalian yang dimaksud adalah bagaimana menyetujui, mengesahkan, mendistribusikan dan menyimpan dokumen-dokumen tersebut.

Beberapa bagian dari persyaratan ISO-9001 mudah dipahami, beberapa yang lain tidak. Bisa karena sebab penterjemahan dari bahasa asli ke bahasa Indonesia, bisa karena terminologi yang tidak umum di suatu jenis organisasi.

Paham esensi

Memahami esensi berarti memahami apa tujuan adanya persyaratan tersebut? Dengan kata lain, mengapa persyaratan itu ada? apa manfaatnya bila diterapkan, terkait dengan penjaminan mutu?

Paham esensi berarti paham bahwa tujuan dari pengendalian informasi terdokumentasi adalah untuk menjamin agar dokumen sah saja yang digunakan, juga untuk menjamin agar pada saat dibutuhkan, dokumen dapat tersedia dengan mudah.

Paham relevansi

Paham relevansi berarti memahami area kerja mana yang berkaitan dengan suatu persyaratan dalam ISO 9001?

Paham relevansi berarti paham di area mana, di proses mana setiap klausul terkait informasi terdokumentasi diterapkan. Misalnya, dokumen yang dihasilkan oleh bagian engineering terkait perhitungan harga harus di atur penerbitannya? Apakah keluah pelanggan harus diarsip?

Paham implementasi

Paham implementasi berarti paham bagaimana mengatur suatu proses agar sesuai dengan persyaratan ISO 9001, sesuai dengan kebutuhan organisasi dan dapat membantu pencapaian sasaran sistem manajemen mutu secara effisien.

Misalhnya sudah dipahami bahwa drawing dari bagian engineering harus disetujui. Bagaimana mengatur proses penyetujuan tersebut? Apakah harus disetujui secara manual? Apakah bisa disetujui melalui email? Apa kemungkinan yang akan terjadi bila proses penyetujuan dilakukan lewat email?

Paham implementasi berarti memadukan pemahaman arti, esensi dan proses yang terkait. Akan lebih baik bila dipadukan juga dengan pengetahuan tentang teknik-teknik operasional suatu proses yang efisien.

Pengembangan kompetensi

Pengembangan kompetensi dilakukan dengan pelatihan dan pengalaman. Sementara pelatihan pada umumnya hanya mampu mengembangkan kompetensi terkait pemahaman arti dan esensi, pengalaman dan pengetahuan tentang proses memantangkan kompetensi sehingga cukup menjadi bekal untuk dapat menerapkan sistem manajemen mutu secara mandiri.

Pengalaman bisa dibentuk dengan sendirinya dari perjalanan karir, atau mempelajari pengalaman orang lain. Di era informasi yang mudah diakses, peluang untuk mempelajari pengalaman orang orang lain terbuka lebar. Baik dengan membaca berbagai referensi yang dibuat orang lain maupun bergabung dalam forum-forum diskusi yang banyak terdapat di internet.

 

Leave a Reply