ISO-9001:2015 – Klausul 1,2,3, Lingkup, Acuan dan Definisi

Konsultan ISO online biaya rendah

1.Lingkup

Standar Internasional ini berisi persyaratan-persyaratan sistem manajemen mutu untuk organisasi yang:

    1. Perlu mendemonstrasikan kemampuannya untuk secara konsisten memberikan produk atau layanan yang memenuhi persyaratan pelanggan dan persyaratan regulasi dan perundangan yang berlaku.
    2. Ingin meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapan sistem yang efektif, termasuk penerapan proses-proses untuk peningkatan sistem secara berkelanjutan dan penjaminan kesesuaian dengan persyaratan pelanggan, regulasi dan perundangan yang berlaku.

Semua persyaratan dalam Standar Internasional ini bersifat generik dan dapat diberlakukan untuk semua organisasi tanpa memandang type, ukuran dan produk yang dihasilkannya.

Catatan 1: dalam Standar Internasional ini, istilah produk atau layanan hanya diberlakukan untuk produk dan layanan yang dimaksudkan untuk, atau disyaratkan oleh, pelanggan.

Catatan 2: persyaratan perundangan dan regulasi dapat dinyatakan sebagai persyaratan legal.

2.Acuan normatif

Dokumen acuan berikut tidak dapat diabaikan dalam menerapkan dokumen ini. Untuk acuan bertanggal, hanya edisi yang disebutkan yang berlaku. Untuk acuan tak bertanggal, edisi terbaru yang berlaku, termasuk perubahan-perubahannya.

ISO-9000:2015: Sistem Manajemen Mutu – Dasar-dasar dan Istilah.

3.Istilah dan definisi

Untuk tujuan dokumen ini, istilah dan definisi dalam ISO-9001:2015 berlaku.

Leave a Reply