Mengelola MSDS

Tumpukan MSDS biasanya menjadi tumpukan yang diabaikan karyawan. Tak tersentuh di rak penyimpanan. Ada dua kemunkinan: karyawan sudah memahami dengan baik bagaiama bekerja dengan bahan-bahan kimia, atau mereka justru tidak memahami MSDS dan kegunaannya.

Fungsi MSDS dalam sistem manajemen K3 adalah sebagai safety tool, sebagai alat komunikasi tentang bahaya-bahaya yang terkandung dalam bahan-bahan yang digunakan. Terutama untuk organisasi yang menggunakan banyak bahan kimia, MSDS seharusnya dianggap sebagai media informasi yang menjadi acuan penting bagi karyawan. Karena pentingnya, pelatihan-pelatihan tentang bagaimana MSDS perlu dilakukan untuk menjamin pemahaman karyawan tetnang informasi penting yang terkandung dalam MSDS.

Pelatihan MSDS

Pelatihan tentang MSDS diperlukan pada saat:

  • Penggunaan bahan kimia baru
  • Adanya cara baru dalam penggunaan bahan kimia yang sudah familiar
  • Perubahan MSDS untuk bahan kimia yang sudah familiar, entah dalam format ataupun dalam informasi yang terkandung,
  • Adanya karyawan baru yang belum familiar dengan bahan-bahan kimia yang digunakan
  • Adanya bukti-bukti bahwa karyawan tidak menangani bahan kimia dengan cara yang aman.

Pun bila tidak ada hal-hal tersebut diatas, pelatihan secara berkala perlu dilakukan untuk menjamin terpeliharanya pemahaman yang baik karyawan tentang MSDS.

Menangani perbedaan format MSDS

Ada beberapa format MSDS yang digunakan oleh berbagai produsen bahan kimia meskipun sudah ada upaya penyeragaman. Perbedaan format ini sering menimbulkan kesulitan bagi karyawan untuk memahami informasi yang terkandung dalam MSDS. Untuk menangangi hal tersebut, salah satu cara yang bisa diambil adalah membuat satu sessi dalam pelatihan tentang MSDS yang membandingkan beberapa format yang berbeda, dan menjelaskan informasi-informasi yang diperlukan karyawan dalam masing-masing format.

Peninjauan dan pengendalian dokumen MSDS

Karena MSDS adalah salah satu acuan kerja, maka MSDS menjadi salah satu objek pengendalian dokumen. Sama seperti tujuan pengendalian dokumen umumnya, tujuan dari pengendalian MSDS adalah:

  • Agar MSDS tersedia di lokasi-lokasi kerja yang memerlukan acuan bagaimana menangani bahan-bahan kimia.
  • Agar MSDS yang digunakan adalah MSDS yang terbaru. Terbaru dalam arti, bukan MSDS untuk bahan kimia yang sudah diganti, atau bukan MSDS versi lama yang telah diperbaharui.

Leave a Reply