Tips Meningkatkan Kapasitas Gudang

Merasa gudang sempit? sulit memuat dan mengatur barang-barang? coba beberapa tips berikut sebelum anda mengusulkan manajemen untuk memperluas area gudang.

Kapasitas gudang tentu berbanding lurus dengan ketersediaan ruang. Tapi beberapa pengaturan yang salah dapat juga menyebabkan kapasitas gudang berkurang atau storage density tidak optimal. Berikut beberapa tips untuk mengatasi masalah terbatasnya kapasitas gudang.

1. Lihat kecocokan media penyimpanan barang.

Ukuran media penyimpanan seharusnya sesuai dengan ukuran barang dan jumlah persediaaan yang disimpan. Barang kecil dengan jumlah sedikit yang ditempatkan di bin yang terlalu besar akan membuat terbuangnya ruang penyimpanan. Maka untuk gudang yang menyimpan barang dengan ukuran yang bervariasi, ukuran media penyimpananpun harus bervariasi.

2. Bila gudang anda menggunakan rak, lihat penggunaan tinggi rak

Sering sekali kita melihat tinggi rak melebihi kebutuhan dan barang yang disimpan tidak sampai setengah tinggi rak. Ini juga menyia-nyiakan ruang. Maka yang perlu dilakukan adalah meninjau tinggi penyimpanan yang diperlukan untuk setiap barang dan melakukan adjustment tinggi rak. Mungkin juga diperlukan pengelompokan barang sesuai dengan tinggi penyimpanan yang diperlukan.

3. Penggunaan ruang atas

Bila gudang anda terlalu tinggi dibanding dengan tinggi rak, ruang atas bisa digunakan untuk menambah kapasitas atau storage density gudang. Ruang atas bisa digunakan untuk aktifitas selain penyimpanan seperti kantor atau yang lainnya, atau bisa juga digunakan untuk penyimpanan barang slow moving.

4. konsolidasi slow moving item

Mencampur beberapa item memang beresiko barang lebih sulit diambil pada saat dibutuhkan atau membutuhkan waktu yang lebih lama pada saat pengambilan. Tetapi untuk barang slow moving, hal tersebut tidak terlalu merugikan karena frekwensi pengambilan yang rendah.

5. Random locating system untuk slow moving item

Selain konsolidasi atau pencampuran, random locating system untuk slow moving item juga dapat membantu meningkatkan storage density. Random locating system berarti suatu lokasi penyimpanan tidak diperuntukkan khusus untuk barang tertentu. Barang apa saja dapat ditempatkan di suatu lokasi, tetapi tetap harus tercatat (barang apa dimana). Ini akan memperkecil kemungkinan kosongnya suatu lokasi yang timbul bila menggunakan fixed locating system (lokasi tetap untuk setiap barang). Resiko dari random locating system memang membutuhkan sedikit waktu tambahan pada saat pengambilan barang tetapi sekali lagi, hal tersebut tidak terlalu merugikan karena frekwensi pengambilan yang rendah dari slow moving item.

6. Pengurangan persediaan

Coba tinjau apakah ada barang yang selalu menumpuk dalam jumlah cukup banyak tetapi frekwensi pengambilannya jarang. Ini pertanda turn over yang rendah dan peluang untuk menurunkan tingkat persediaan. Pengamatan secara visual bisa saja dilakukan, tetapi bila memungkinkan untuk menarik data dari database akan lebih baik. Buat ratio antara jumlah pengeluaran barang perbulan dan rata-rata tingkat persediaan perbulan. Ratio yang rendah berarti turn over rendah, berarti tingkat persediaan relatif terlalu tinggi untuk kebutuhan.

Disamping 6 tips yang relatif murah, 2 tips berikut juga dapat dilakukan bila biaya perubahan dipandang kecil dibanding keuntungan luas penyimpanan yang diperolah:

7. Variasi lebar gang

Gang selalu memakan area penyimpanan cukup besar. Bila gudang anda menggunakan forklift untuk peletakan dan pengambilan, lebar gang sekitar 3 meter harus disediakan untuk memungkinkan forklift bermanuver. Bila gang harus ada disetiap sisi pengambilan, maka hampir 50% area penyimpanan akan termakan untuk gang. Lebar gang dapat diminimalkan dengan penggunaan jenis forklift tertentu seperti narrow isle forklift atau turret forklift. Bila rak tidak terlalu tinggi, pallet jack juga dapat digunakan.

8. Lihat layout gudang anda. Apakah ada dinding kosong di bagian samping, belakang atau bahkan depan? Bila ada, perubahan layout rak dengan selalu menutup dinding dengan rak dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan. Ini sesuai dengan prinsip dasar layout gudang dimana setiap gang sebaiknya dipakai untuk 2 sisi pengambilan. Tentu penggunaan setiap dinding juga harus memperhatikan keperluan lain seperti jalur lalu lintas orang atau mungkin keperlukan safety.

 

 



Leave a Reply